-->

Puthuk Gragal Mojokerto, Pendakian yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Hai readers, beberapa bulan yang lalu saya mencoba salah satu lokasi pendakian dengan nama Puthuk Gragal yang ada di Mojokerto Jawa Timur. 

Puthuk gragal ini tidak termasuk gunung melainkan masih dikatakan bukit dengan tinggi 1480 MDPL. Tingginya bisa dibilang rendah jika dibanding gunung-gunung lain, tracknya juga lumayan landai meski ada beberapa titik jalur yang lumayan susah untuk dilalui.

Sesuai dengan judulnya kalau kamu pendaki pemula atau sama sekali belum pernah mendaki dan sedang tertarik mencoba hobi baru mendaki atau hiking, you are in the right place!

Saya akan menjelaskan mulai dari rute dan alur, tracking pendakian, budget, serta perlengkapan apa aja yang perlu kamu siapkan sebagai pendaki pemula. Okay here we go

Yang Harus Disiapkan Untuk Mendaki Puthuk Gragal


Yep, sebelum berangkat menuju ke lokasi pendakian, tentunya semua keperluan harus sudah disiapkan sebelum berangkat.

Kondisi Fisik

Readers harus pastikan kondisimu sedang dalam kondisi yang fit atau sehat, kalau sedang merasa tidak enak badan sebaiknya niat untuk mendaki diundur aja ya. Karna setinggi apapun mendaki tujuannya adalah pulang :)

Ada beberapa tips untuk menjaga tubuhmu untuk tetap fits, jangan lupa rajin olah raga sebelum hari H pendakian. Kamu bisa jogging pagi atau sore, anggap saja latihan pendakian sekaligus agar tubuh dan ototmu tidak kaget saat nanti dibawa mendaki. 

Logistik 

Logistik itu apa sih? Nah untuk orang yang benar-benar awam mengenai hiking, pasti belum tau mengenai istilah yang ada di dalam pendakian. 

Jadi simplenya logistik itu adalah makanan dan minuman yang kita persiapkan untuk pendakian. Nah, berapa banyak sih kak yang perlu kita siapin? Sebenarnya tergantung kebutuhan kalian readers. Makanan yang perlu dibawa juga opsional, bebas. 

Kalau kemarin waktu saya dan kawan-kawan mendaki ke puthuk gragal ini hanya membawa makanan seperti roti tawar, snack-snack dan minuman secukupnya. Perlu kalian tau, di pos terakhir di puthuk gragal ini masih tersedia sumber air, jadi akan sangat aman untuk pendaki pemula yang kalau ternyata kehabisan persedian air saat dalam perjalanan.
Disclaimer dulu, kenapa saya hanya membawa makanan ringan saat mendaki kesana? Karna kita melakukan pendakian tektok alias tidak nge-camp. Jadi saat sampai puncak dan istirahat sebentar sambil mengabadikan moment dipuncak, kita langsung turun. 

Alat dan Perlengkapan Camping

Bisa banget kalau kamu mau camping di area camping puthul gragal, beberapa barang dan alat umum yang perlu kamu siapkan adalah tenda tentunya, kompor dan nesting untuk masak-masak, gas untuk kompor, mattras, jas hujan dan sleeping bag kalau kamu tidak kuat dingin. 

Menurut saya, disana tidak seberapa dingin tapi untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu bawa sleeping bag agar istirahatmu nyaman :)) 

Selain itu apa lagi dong yang harus disiapkan? Jawabannya adalah uang, yah kita punya budget yang perlu dibahas. 

Budget dan Tiket Masuk Pendakian Puthuk Gragal Mojokerto


Berapa banyak uang sih yang kita habiskan saat mendaki gunung? Variatif! Tergantung mau ke gunung apa kamu mendaki. Tapi menurut saya pribadi, kamu bisa banget healing mendaki gunung dengan dana yang minim. Dalam kata lain, ke puthuk gragal ini sangat murah meriah. 

Waktu itu saya mendaki dengan 3 orang teman. Masing-masing mengeluarkan uang hanya 50.000 rupiah. Iya cuma 50k per-orang dan sudah include tiket masuk 10k per-orang, parkir 10k per motor, bensin 15k permotor dan sisanya untuk beli logistik.  Murah meriah kan? 

Perlu kalian catat budget diatas adalah untuk tektok, jadi kalau kamu mau camping, tentunya uang yang dikeluarkan akan lebih dari itu. Selain itu jarak start lokasimu menuju lokasi pendakian juga sangat mempengaruhi budget. 

Rute Perjalanan Menuju Puthuk Gragal Mojokerto


Saya dan kawan-kawan start dari Menganti Gresik dengan mengendarai motor dengan lama perjalanan sekitar 1 jam setengah. Bagi kamu yang akan pergi menuju lokasi pendakian puthuk gragal bisa langsung klik link map dibawah : 

Tracking atau Jalur Pendakian Puthuk Gragal


Apakah jalurnya susah? Apakah benar-benar direkomendasikan untuk pendaki pemula? Jawabannya yes! Ini based on pengalaman pribadi ya readers. Jalur pendakiannya cukup mudah dan cukup menantang juga.
Tanah lembab dan bisa saja berlumpur saat hujan serta akar-akar pohon besar yang timbul adalah keseluruhan gambaran tracking menuju puthuk gragal. Tidak terlalu susah tapi tidak juga mudah. 
Saat itu saya dan kawan-kawan start dari base camp sekitar jam 9 pagi dan sampai ke pos terakhir alias pos 4 saat jam 11 dengan kondisi hujan. Jadi kita berteduh di mushola sekaligus istirahat selama kurang lebih satu jam sampai akhirnya hujan reda. 

Dibawah ini adalah view yang bisa saya abadikan saat dalam perjalanan dan saat berada di puncak puthuk gragal. Semoga bermanfaat, cheers!

Anda mungkin menyukai postingan ini