-->

Jangan Lakukan Hal-Hal Ini Kalau Kamu Ingin Fasih Berbahasa Inggris.



Berapa Tahun kamu sudah belajar Bahasa Inggris? 3 tahun, 5 tahun atau 8 tahun? Belajar Bahasa inggris tidak cukup hanya dikelas seperti yang kebanyakan orang Indonesia lakukan, seharusnya dengan waktu selama itu belajar bahasa inggris, siswa siswi yang lulus dari sekolah menengah sudah fasih bahasa Inggris.

Kenyataannya tidak sesederhana itu. kebanyakan lulusan SMA tidak bisa berbahasa inggris dengan fasih. Pelajaran di sekolah hanya berguna untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada saat ujian saja. Kecuali mereka yang jebolan sekolah-sekolah internasional yang setiap harinya diwajibkan berbicara bahasa inggris.

Lalu sebenarnya bagaiama agar bisa fasih bahasa inggris? Bisakah fasih bahasa inggris secara otodidak? Karena Bahasa inggris bukan hanya sebatas teori seperti yang diajarkan dalam kelas, maka prakteknya harus dilakukan setiap hari dan terus menerus.

Kalau kamu ingin fasih berbahasa Inggris, Ada beberapa larangan yang harus kamu hindari

7 Larangan Yang Harus Kamu Hindari Supaya Cepat Fasih Bahasa Inggris. 

1. Jangan Memulai Dengan Materi Yang Terlalu Susah

Jangan memulai dengan sesuatu yang sulit. Bisa dibayangkan kan, kamu adalah pendatang baru dalam pelajaran bahasa inggris tapi kamu langsung mengambil pelajaran atau metode belajar yang susah. Bisa dipastikan kamu akan cepat menyerah karena merasa bahasa inggris itu susah.

Contohnya; kalau kamu baru mulai dengan belajar dengan melihat video-video bahasa inggris, jangan langsung nonton film avatar atau titanic. Durasinya terlalu panjang dan disana banyak sekali vocabulary yang belum kamu tahu, jadi hal itu hanya akan frustasi dan berfikir betapa susahnya bahasa inggris.

Tontonlah video dengan durasi yang pendek, seperti '5 minutes video'. Dengan begitu kamu akan merasa lebih semangat karena dari video-video yang mudah tadi kamu akan mendapatkan vocab baru, kamu mengerti maksud videonya.

kamu jangan langsung belajar dari film-film yang terlalu panjang. Dont do too much too soon, keep it simple.

2. Jangan Fokus Pada Gelar Atau Sertifikat

Mengapa banyak orang yang menginginkan sertifikat atau gelar dari keahlian yang mereka punya? Hal ini lebih kepada perekrutan, mulai dari perekrutan pegawai perusahaan-perusahaan atau mereka yang hanya mengejar sertifikat demi mendapatkan pekerjaan.

Hal ini tentu juga akan menghabiskan banyak uang, karena kamu harus mengambil tes yang berbayar, membayar untuk kursus yang dibelakangnya ada strategi marketing dan hal ini tidak terlalu berguna sebenarnya untuk kemampuanmu fasih berbahasa inggris.

3. Jangan Menunggu Untuk Praktik Speaking

Saat pertama kamu belajar bahasa Inggris, kamu akan merasa aneh dengan suara, pronounciation atau nada bicaramu pada saat pertama prakik berbicara bahasa inggris.

Jadi hal yang perlu kamu lakukan adalah membiasakan diri dengan caramu berbicara bahasa inggris. "umm, Okay this is my voice." meskipun awalnya kamu akan merasa aneh, lambat laun kamu akan terbiasa dengan suaramu menggunakan bahasa inggris.

Buatlah banyak kesalahan lalu evaluasi. Semakin banyak kamu membuat kesalahan dalam speaking, maka kamu akan semakin banyak belajar dan semakin banyak yang akan kamu ingat.

4. Jangan Percaya Pada "Magic Solution"

Magic solution itu seperti cara-cara cepat fasih bahasa inggris hanya dalam waktu seminggu, Atau kamu bisa fasih bahasa inggris hanya dengan mendengarkan 1000 vocabularies sambil tidur tanpa melakukan usaha apapun.

Oh, Come on dude! Kalau orang-orang bisa menerima atau menghafal vocab semudah itu, semua orang sudah bisa berbahasa inggris. It's not that easy, kamu harus membuat usaha yang kuat dan kamu juga membutuhkan waktu.

Kamu harus menghabiskan atau meluangkan waktu yang yang panjang agar benar-benar fasih bahasa inggris. jadi jangan percaya dengan cara-cara ajaib yang justru akan membuatmu menjadi semakin bingung karena setelah memperaktekkan cara itu bahasa inggrismu tidak ter-improve.

5. Jangan Benyak Alasan!

Aku sendiri menyadari kalau terlalu banyak alasan saat belajar bahasa inggris, mungkin saja kamu juga pernah ada di posisi ini. Kalau kamu berkata "aku tidak punya waktu, aku terlalu sibuk, aku tidak bisa melakukan ini" artinya belajar bahasa inggris bukan prioritasmu.

Bagaimana jika pacarmu ingin bertemu dan kamu bilang ''terlalu sibuk'' itu artinya dia bukan prioritasmu. Saat kamu ingin fasih berbahasa iggris, cobalah perlakukan bahasa inggris layaknya pacarmu. Kamu harus banyak menghabiskan waktu bersama, kamu tidak boleh banyak alasan.

Jangan banyak alasan untuk memulai. Kamu bisa nonton video bahasa inggris, menerjemahkan buku favoritemu ke bahasa inggris, atau apapun yang bisa membuatmu enjoy belajar bahasa inggris.

6. Jangan Berfikir Bahwa Hidup di Luar Negeri = Fasih Bahasa Inggris

It's still possible to fluent in english on your own country. Jadi jangan berfikir bahwa tinggal diluar negeri bisa membuatmu fasih bahasa inggris.

Kenyataannya diluar sana banyak orang yang tinggal diluar negeri tetapi tidak puas dengan level bahasa inggrisnya. Jangan menunnggu tinggal diluar negeri untuk terbiasa menggunakan bahasa inggris, ini tetap memungkinkan untuk belajar bahasa inggris di lingkungan asalmu.

7. Jangan Meremehkan Kekuatan Dari 'Pronounciation'

Jangan mengabaikan pronounciation atau pelafalan dari kata-kata bahasa inggris, karena ini akan berdampak pada rasa percaya diri mu dalam speaking, saat kamu mendengarkan orang lain berbicara dan itu sesuai dengan pronounciationmu, maka kamu akan merasa "oh, aku benar dalam melafalkan ini."

Hal yang perlu kamu lakukan adalah belajar bagaimana cara melafalkan sebuah kalimat atau frasa, bagaimana intonasinya, bagaimana menyambung kata sebelum ke kata selanjutnya, hal-hal  itu yang perlu dilakukan agar kamu fasih bahasa inggris dan terdengar seperti native speaker.

Jadi itulah 7 hal yang perlu learners hindari jika ingin bisa fasih dalam berbicara bahasa inggris. Kalau kamu ingin tau frasa-frasa umum agar semakin fasih bahasa inggris, kamu bisa klik disini Frasa Umum Bahasa Inggris

Sekian dari Jisinay.com and see you

Anda mungkin menyukai postingan ini