-->

Cara Membuat Plot Twist Unik Dengan Baik dan Benar Dalam Cerpen Atau Novel Fiksi



Dalam sebuah cerita terkadang kita menemukan kejutan-kejutan tidak terduga yang akan terjadi dalam pertengahan atau akhir cerita, kebanyakan penonton atau pembaca akan merasa puas dengan adanya kejutan-kejutan tadi karena akan menimbulkan efek hidup dalam cerita yang disajikan.

Seorang penulis yang baik harus mampu menciptakan plot twist yang menarik dalam ceritanya agar pembaca tidak bosan dan ceritamu tidak monoton. Dengan adanya plot twist ceritamu akan dinilai lebih seru karena pertanyaan-pertanyaan yang ada selama membaca ceritamu akan terjawab saat klimaks.

Apa Itu Plot Twist ?

Sebelum melanjutkan ke jenis dan tehnik cara membuat plot twist yang baik, kamu perlu tahu sedikit mengenai pengertian Plot Twist. Plot twist merupakan perubahan dan pengungkapan karakter yang tidak terduga dalam sebuah cerita. Alurnya sengaja dipelintir oleh penulis agar memberikan kejutan pada pembaca. sumber : wikipedia.org

Setelah membaca pengertian diatas, kita lanjut ke tehnik-tehnik yang biasa dipakai oleh penulis dalam membuat plot twist dalam ceritanya.

Tehnik Dan Cara Membuat Plot Twist Yang Unik 

1. Anagnorisis

Anagnorisis merupakan sebuah pengungkapan karakter yang tidak terduga, biasanya penulis akan membuat sebuah suspense agar pembaca bertanya-tanya tentang apa sebenarnya karakter dari tokoh tersebut sehingga pembaca tetap bergairah dalam membaca kelanjutan ceritanya.

Dalam Plot ini fokus pada karakter tokohnya, bagaimana caranya membuat perubahan karakter tokoh tadi menjadi mengejutkan dari chapter ke chapter.

Contoh Plot Twist Anagnorisis : Tokoh Ayu (dalam cerita KKN Desa Penari) yang ternyata di akhir cerita menyukai Bima.

2. Unreliable Narrator

Penulis menggunakan Unreliable Narrator dengan cara memanipulasi pembaca dengan narasi yang dia buat seakan-akan menunjukan ceritanya akan berakhir A padahal diakhir cerita penulis sudah menyiapkan ending B atau C yang tidak Terduga.

Contoh Plot Twist Narrator : Ending cerita di novel DILAN. Kalau kamu sudah membaca Novel Dilan karyanya Ayah Pidi Baiq, diawal cerita kamu pasti tidak akan menyangka kalau akhirnya Milea dan Dilan tidak berakhir dengan happy ending seperti cerita-cerita lain, seperti itulah gambaran plot twist unreable narrator .

3. Deus Ex Machina

Twist ini merupakan moment dimana penulis membuat sebuah kemampuan karakter, moment atau kemunculan karakter baru yang tidak terduga untuk menyelesaikan permasalahan yang bahkan pembaca tidak menyangka masalah itu bisa terselesaikan dengan munculnya twist ini.

Misalkan saja kamu membuat cerita dengan karakter yang hampir mati ditengah laut karena baru tapi ada hewan lumba-lumba yang tiba-tiba datang menyelamatkan dia ke sebuah pulau.

Contoh Plot Twist Deus Ex Machina : Kalau kamu sudah pernah membaca Novel seri Bulan, Bumi, Matahari, Bintang karyanya Tereliye. Adanya twist ini adalah moment ketika kekuatan Seli menjadi lebih kuat dibanding yang dia kira ketika mereka berada dalam marabahaya.

4. Chekhov's Gun

Pada Twist ini penulis menciptakan karakter yang seakan-akan karakter tadi hanya cameo dan tidak berguna dalam cerita tersebut, namun dibagian akhir ternyata karakter ini adalah bagian pentingnya. kadang kemunculan karakter ini memang tidak dimunculkan lagi sampai nanti karakter ini dibutuhkan.

Contoh plot twist Chekov's Gun : Dalam novel Tereliye yang berjudul Matahari ada Seorang nenek yang muncul dipertengahan cerita sebagai sosok yang baik dengan menyelamatkan rombongan ali dan memberi mereka tempat menginap  selama semalam. Lalu dia muncul lagi di ending cerita sebagai pemilik bunga matahari yang dicari-cari oleh rombongan Ali.

5. Non-linear Narrative 

Twist ini dibuat dengan cara membuat potongan-potongan informasi yang ditahan hingga klimaks cerita. Dalam plot ini karakternya bisa diungkap dengan cara tidak berurutan sehingga untuk dapat mengerti jalan cerita atau karakternya, pembaca atau penonton harus mengetahui keseluruhan cerita agar bisa memahami maksud dari ceritanya.

Dari 5 macam plot twist diatas kamu bisa memakai dan memodifikasinya dalam pembuatan ceritamu dengan memahimi baik dan buruk plot twist berikut ini :

Ciri-Ciri Plot Twist Yang Baik 

  • Samarkan plot twist yang kamu buat agar pada saat klimaks atau pengungkapannya, pembaca sendiri tidak menyangka akan berakhir seperti itu dan pertanyaan-pertanyaan selama membaca ceritamu terjawabkan dengan adanya plot twist yang kamu buat
  • Membuat plot twist yang unik artinya kamu harus mempersiapkan bagaimana membangun masalah dan pemecahannya diawal pembuatan konsep cerita. 
  • Plot twist yang kamu buat harus masuk akal, ceritanya harus berhubungan dengan permasalahan yang kamu buat sehingga tidak menyisakan keambiguan saat selesai membaca keseluruhan cerita. 
  • Buat alur ceritanya mengalir dengan sewajarnya, agar pada saat kamu menciptakan twist akan lebih mengena dan ceritanya mengalir dengan normal. 
Jadi itulah beberapa tekhnik umum yang biasa dipakai penulis-penulis untuk membuat membuat plot twist dalam ceritanya. Untuk pertanyaan bisa kamu tulis di kolom komentar. See you next time and Cheer up! 

Anda mungkin menyukai postingan ini