-->

Cara Mudah Membedakan antara I, Me dan My Dalam Bahasa Inggris Serta Contoh Penggunaannya



Belajar bahasa Inggris tidak sesimpel itu. Huhuu T-T. Dulu aku juga tidak bisa membedakan apa itu I, Me atau My. bagi orang Indonesia, bahasa Indonesianya "saya" ya tetap "saya", tidak peduli itu saya menjadi subjek, objek atau menunjukan kepemilikan.
saya membeli buku, ini buku saya

Kalau kamu membaca ini, artinya kamu sedang mengalami kesulitan untuk membedakan dari tiga kata tadi, dan tentunya membuat bingung, yakannn. kapan sih aku harus menggunakan kata "Me"? kenapa perubahannya malah jauh banget dari kata "I"?

Tenang, tenang.. kamu bisa kog. cukup pahami dan serap betul-betul apa yang akan aku sampaikan di paragraf-paragraf berikut ini.

Cara Membedakan I, Me dan My Beserta Contohnya

Penggunaan Kata "I" dalam Kalimat Bahasa Inggris

I merupakan kata ganti untuk orang pertama yang berarti saya, aku, gue atau kata lain yang menunjukan itu "saya". Dengan artian I disini merupakan orang yang melakukan suatu pekerjaan atau verb. I biasanya berada diawal kalimat dan diikuti oleh verb atau noun, tapi dalam kasus tertentu I bisa saja berada di tengah kalimat namun dengan syarat diawali dengan kaata sambung seperti and (dan) & or (atau)

Berikut contoh kalimat penggunaan I yang diikuti oleh verb (kata kerja)
  • I buy a book in a book store (saya membeli buku di toko buku)
  • I feel tired after study for five hours (saya merasa lelah setelah belajar selama lima jam)
  • I can speak english after study hard for a year (saya bisa berbicara bahasa inggris stelah belajar keras selama setaun) 
  • I will make a food for your breakfast (saya akan membuatkanmu makanan untuk sarapanmu)
Berikut Contoh penggunaan I yang diikuti oleh adjective (keterangan) 
  • I am a student in a university (saya adalah seorang pelajar disebuah Universitas)
  • I am good at drawing (Aku ahli dalam menggambar)
  • I am an english teacher in a high school (saya adalah seorang guru bahasa inggris disekolah menengah )

Penggunaan Kata Me dalam Kalimat Bahasa Inggris

Me artinya juga saya, tetapi "saya" disini kedudukannya sebagai objek. yang perlu kamu ingat adalah "Me tidak pernah ada diawal kalimat" dan me selalu berada setelah kata kerja atau verb. Lebih mudahnya kamu perhatikan contoh-contoh berikut :

  • She told me to come to her party next week (dia sudah memberitahuku untuk datang ke pestanya minggu depan) 
  • They let me using their class for my proposal presentation (mereka membiarkanku menggunakan kelas mereka untuk presentasi proposalku)
  • Mom make a delicious meal for me everyday (ibuku membuat makanan lezat untukku setiap hari)
  • Tomy help me to clean the class room while break time is on (Tomy membantuku membersihkan ruangan kelas saat jam istirahat berlangsung
  • Daniel never give his attention to other girl but me (Daniel tidak pernah memberikan perhatian kepada gadis lain kecuali padaku) 
  • Daniel said to me on line that he really miss me right now (Daniel berkata kepadaku di telepon kalau dia sangat merindukanku saat ini) jangan baper yaa :p

Penggunaan Kata My dalam Kalimat Bahasa Inggris

My dalam bahasa inggris merupakan keterangan yang menunjukan kepemilikan yang harus diikuti dengan kata benda (noun). Yang perlu kamu ingat adalah My tidak bisa berdiri sendiri tanpa noun karena itu akan membuat rancu kalimat tersebut. Berikut merupakan contoh-contoh yang bisa menjadi acuan

  • This is my mom. Im so lucky to have a mom like her because she always love me all the time (ini adalah ibuku. Saya sangat beruntung memiliki ibu seperti dia karena dia selalu mencintaiku sepanjang waktu)
  • Daniel is my boyfriend, today and ever after (Daniel adalah pacarku, hari ini dan selamanya)
  • Daniel fix my computer when it's get error (Daniel memperbaiki komputerku ketika sedang mengalami eror)
  • I will always remember the day you visit my home (aku akan selalu mengingat hari ketika kamu mengunjungi rumahku)
Jadi kesimpulannya adalah penggunaan I, Me, dan My terletak pada posisinya. I sebagai subjek yang berada diawal kalimat dan diikuti dengan verb. Me sebagai objek yang selalu membutuhkan subjek dan verb sebelumnya, My menunjukan kepemilikan dari sebuah objek yang harus selalu diikuti dengan objek itu sendiri. 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan dan penggunaan I Me My beserta contoh-contohnya. semoga membantu pemahamanmu yaaa, kalau ada yang belum jelas silahkan komen dibawah. Luv <3

Anda mungkin menyukai postingan ini