-->

Cara menulis Cerpen Yang baik Dan Benar Agar Menarik Banyak Pembaca


Hello you..
Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, sebab disana kamu bisa menciptakan apapun yang kamu mau, pergi kemanapun dengan cerita yang kamu buat, membuat karakter sesuai dengan keinginanmu.

Orang yang sedang menulis tidak pernah kesepian sekalipun ia duduk sendiri ditengah keramaian. Bagitu kira-kira aku mendeskripsikan seorang penulis.

Untuk penulis yang sudah expert dalam dunia literasi mungkin membuat cerpen adalah hal kecil, cukup beberapa jam saja ceritanya sudah jadi. Tapi untuk pemula yang baru belajar menulis, menulis cerpen merupakan suatu tantangan baru.

Kebanyakan penulis pemula masih bingung bagaimana cara-cara yang benar agar ceritanya dapat  menarik para pembaca, atau bahkan bisa bingung dengan apa yang harus dia tulis. Untuk itu disini Jisi bakalan ngasih tips-tips agar tulisanmu memiliki banyak pembaca.

11 Tips Mudah Menulis Cerpen Untuk Pemula :

1. Apa Itu Cerpen ?

Sebelum menulis cerita, kamu harus mengenal dulu apa itu cerpen. Cerpen merupakan kepanjangan dari cerita pendek dengan batasan dari 500 hingga 5000 kata dalam setiap ceritanya. Dari namanya saja Cerpen cenderung memiliki cerita yang padat dan langsung pada tujuan atau inti ceritanya.

2. Tentukan Alur dan Konsep Cerita

Alur cerita dalam cerpen merupakan hal yang sangat penting, ini mempengaruhi terhadap menariknya ceritamu dimata pembaca. Alur cerita yang menarik adalah alur cerita yang konsisten, kamu bisa memilih antara alur maju, alur mundur atau alur maju mundur.

Sebelum membuat  cerpen sebaiknya kamu tentukan dulu alur ceritanya bagaimana, buatlah konsep tentang ceritamu sedemikian rupa mulai dari pembukaan cerita, permasalahan, pemilihan tokoh dan karakternya, hingga konsep ceritamu benar-benar selesai. baru setelah itu kamu bisa benar-benar menulis teks ceritamu sesuai konsep cerita yang sudah kamu buat.

3. Buat Judul Yang Unik

Tidak semua judul yang bagus mengandung cerita yang bagus juga, tapi judul yang bagus dan unik sudah pasti menggugah minat pembaca untuk membaca ceritamu lebih lanjut.

Ciri-ciri judul yang unik adalah judul yang bisa memancing rasa ingin tahu dari pembaca, mudah diingat dan memiliki arti yang kuat.

4. Tentukan Genre

Genre yang bisa kamu pilih adalah remantis, komedi, horor, atau genre lain yang ada dalam cerita. Tentukan satu genre yang sesuai dengan minatmu atau semisal kamu menulis cerpen untuk suatu perlombaan atau even, pilihlah genre yang nyambung dengan event tadi.

5. Jalan Cerita Yang Penuh Emosi

Pembaca tidak akan betah membaca cerita kita kalau jalan cerita yang kita buat tidak menarik dan tidak ada feel dengan pembaca. kalau kamu memilih genre komedi, maka emosi yang harus kamu  bangun adalah bagaimana ceritamu membuat pembaca tertawa pada saat klimaks cerita.

Kalau kamu memilih cerita horor, maka feel yang harus kamu bangun adalah bagaimana pembaca merasa seperti benar-benar terlibat dalam cerita horor yang kamu buat. Begitu juga dengan cerita romantis, Cerita romantis umumnya memiliki dua feel yang ditonjolkan yaitu bahagia dan sedih.

6. Lakukan Riset Cerita

Cerita yang bagus bisa diperoleh dari riset yang kamu lakukan. semisal kamu memilih cerita tentang kisah cinta anak remaja, kamu bisa melakukan riset dengan memperhatikan kehidupan remaja yang menjadi sasaran ceritamu atau kamu bisa mengajak ngobrol beberapa remaja dan minta dia menceritakan kehidupan sehari-harinya.

7. Banyak Membaca Cerpen Terkenal 

Kalau menulis adalah sebuah peperangan, maka membaca adalah senjatanya. Tanpa banyak membaca kamu tidak akan menjadi penulis yang hebat. Begitu juga dalam menulis cerpen, agar kamu bisa menghasilkan cerita yang bagus, kamu juga harus membaca cerpen-cerpen terkenal dari penulis lain.

Hal ini bertujuan agar gaya bahasa dan pengetahuan tentang dunia kepenulisan terus berkembang. Ingat kata-kata ini "Amati, Tiru dan Modifikasi" kamu bisa mengamati bagaimana cara penulis terkenal menulis ceritanya dan setelah itu tiru dan modifikasi cerita sesuai dengan gayamu dan ciri khasmu.

8. Fokuskan Bahasan Cerita

Beda halnya dengan Novel yang memiliki cakupan cerita yang luas, Cerpen justru sebaliknya. Cerpen yang bagus adalah yang benar-benar fokus dengan inti ceritanya, terlalu banyak cameo dalam ceritanya justru akan membuat ceritamu ambigu dan pembaca akan merasa bosan dengan cerita yang justru bertele-tele.

9. Gunakan Diksi Yang Menarik

Diksi yang menarik sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pembaca dalam membaca ceritamu. Ketika kamu membuat cerita dengan diksi-diksi yang bagus, ceritamu akan semakin kaya dan pembaca akan semakin betah membaca sampai akhir cerita.

10. Edit Ulang Karyamu

Setelah kamu siap membuat keseluruhan isi ceritamu, jangan lupa untuk kembali mengecek keseluruhan isi ceritamu.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat prosed editing naskah adalah meliputi tata bahasa, ejaan, tanda baca, pilihan kata dan lain sebagainya.

11. Publikaisikan Karyamu

Ini bagian yang paling penting agar ceritamu dibaca oleh khalayak ramai. Bagaimana ceritamu akan dibaca orang lain kalau hanya kamu save di folder laptopmu? Jadi publikasikan karyamu

Jaman sekarang banyak sekali platform yang menyediakan tempat untuk kamu mempublikasikan naskah tulisanmu, baik yang berbayar seperti surat kabar, web-web besar atau di aplikasi seperti wattpad dan blog

Kalau kamu tidak sedang mengikuti suatu event tertentu, kamu juga bisa mempublikasikan karyamu di media sosial pribadimu seperti facebook atau twitter.

Jadi itu tadi beberapa tips buat kamu yang sedang belajar membuat cerpen, selamat mencoba goodluck untuk cerpennya.

Anda mungkin menyukai postingan ini