-->

9 Frasa Percakapan Bahasa Inggris Yang Paling Sering Digunakan Sehari-Hari, Contoh Kalimat Dan Artinya



Jadi kali aku bakalan membahas tentang frasa bahasa inggris yang paling sering atau paling umum digunakan oleh native speaker dalam percakapan sehari-hari mereka.

Frasa Percakapan Bahasa Inggris Gaul dan Keren, Lengkap dengan Contoh Penggunaannya 

1. You know

You know bisa dipakai secara harfiah yang artinya kamu tahu atau tidak mengenai sesuatu, dan dalam bahasa Indonesia artinya "Kamu Tahu" Seperti contoh  Do u know Jessie? (Apa kamu tahu Jessie?. jadi di point ini You know memang sering dipakai secara harfiah atau formal. Contoh lainnya bisa kamu baca dibawah ini :

  • Do u know that earth is round? (Kamu tau kalau bumi itu bulat?)
  • Do u know where Daniel is? (kamu tahu dimana Daniel?)
  • Did u know that i've broke up with Daniel (Kamu tahu aku udah putus sama Daniel?)

Tapi biasanya dalam situasi yang tidak formal, banyak native speaker yang menggunakan You know untuk berbagai macam alasan.

Youknow bisa berada diawal atau akhir kalimat seperti ketika kamu ingin mengungkapkan gagasan atau ide, atau Youknow bisa berada di tengah-tengah kalimat dengan tujuan ingin memastikan lawan bicaramu mengerti apa yang sedang kamu biacarakan, misalnya:

  • You know, we haven't really hangout much since u come back. We should do that more often. (You know, kita belum sempat jalan sejak kamu balik, kita harus sering ketemuan)
  • You know, I haven't dance in a while (U know, aku udah lama nggak ngedance)
  • You know, I have a cat in my house now. (U know, aku punya kucing sekarang)
  • She's stealing, You know. (dia mencuri lho!)
  • They're my friends, you know. (Dia teman-temanku tauk) 
  • You know, I think we should take a break (You know, kita kayaknya harus istirahat dulu)

2. I mean

I mean dipakai saat kamu ingin mempersembahkan sebuah statement atau cerita, dan kamu bilang I mean untuk memulai kalimat barunya. misalnya kamu sedang menjelaskan sesuatu ke temanmu dan temanmu kurang mengerti, dan mereka ingin kamu memperjelas apa yang kamu bicarakan, maka kamu bisa menggunakan I mean. kayaknya kalau dalam bahasa Indonesia  I mean itu artinya "jadi maksud gue"

  • How if you go to my house next week? I mean, i have a complite tools at home to do our new project, so we can do it together. (Gimana kalau kamu kerumahku minggu depan? maksudnya, aku punya alat lengkapnya dirumah, jadi kita bisa melakukan ini bersama-sama)
  • I hate you when u're not reply my text, Daniel. I mean, im worrie and also i miss u (aku benci kamu kalau kamu nggak bales pesanku, Daniel. maksudku, aku khawatir dan aku juga rindu kamu)
  • I can handle it alone. I mean, you can go now. (aku bisa mengatasinya sendiri. maksudku, kamu bisa pergi sekarang.)

3. I see

I see dipakai saat orang lain atau temanmu sedang menjelaskan sesuatu atau sedang menceritakan sesuatu dan kamu pakai "I see" untuk memperlihatkan kalau kamu mendengarkan dan mengerti apa yang dia maksud. dan dalam versi bahasa Indonesianya, I see bisa diartikan "Oh, gituu..oke gw ngerti"

  • Okey, I see 
  • Oh, I see. 

4. It's Like a

Jadi It's like a ini agak mirip dengan I mean. It's like a itu kayak kamu lagi ngasih contoh ke pertanyaan kamu sebelumnya. Contohnya kayak kamu lagi menjelaskan sesuatu dan kamu ingin memperjelas perkataanmu, maka kamu bisa pakai It's like a

  • So he gave me a cute cup cake last day, it's like a little bread with colourful topping . (dia ngasih aku cupcake yang lucu. ini tuh kayak roti yang ada toping warna-warninya 

5. Get it

Get it ini biasanya digunakan saat kamu sudah menjelaskan suatu pernyataan atau kalimat. Dan Kamu tanya "Get it?" untuk memastikan kalau teman kamu itu ngerti atau tidak dengan apa yang kamu jelaskan tadi.  Versi dalam bahasa Indonesia, Get it disini berarti "ngerti nggak?"

6. I Think So

I Think so juga sering banget digunaka oleh native speaker. ini menyatakan kalau kamu setuju dengan sesuatu tapi tidak sepenuhnya setuju 100%, jadi I think so adalah cara yang lebih halus untuk bilang "yes"

Jessie : Do u think that this new camera is worth it's price?
Daniel : Yeah, I think so.

7. Ofcourse/for Sure/ Totally

Ofcourse digunakan ketika kamu setuju dengan sesuatu.  Pernyataan ini memperlihatkan kalau ini adalah ekspresi persetujuan yang 100%, jadi hampir sama dengan bilang "yes!" dan benar-benar memperlihatkan antusiasme untuk menjawab pertanyaan tadi

Jessie : hey, i miss my last bus. may i stay at your house for a night? (aku ketinggalan bus terakhirku, boleh aku menginap dirumahmu?)
Daniel : Yeah Ofcourse/ Yeah For sure!/ Totally

8. Really? or Seriously?

Ini adalah ekspresi terkejut atau kaget. Kalau di bahasa Indonesiakan artinya jadi "seriusan lo? Beneran?" Jadi untuk memastikan bahwa informasi yang kamu dengar adalah benar kamu bisa menggunakan Really atau Seriously?

Jessie: Matt got an accident last night. (Matt kecelakan tadi malam)
Daniel : Really?

9. Let Me see

Let me see dipakai ketika ada orang yang bertanya tentang sesuatu tapi kamu kurang yakin dengan jawabanmu. Atau semisal seseorang ingin memperlihatkan kamu sesuatu

Jessie : I just bought my new iphone! (aku baru beli iphone baru)
Daniel : oh, let me see that.

Jadi itu tadi 9 frasa yang paling sering dipakai oleh native speaker. jadi kalau kamu ingin terdengar seperti seorang native speaker, kamu bisa menerapkan frasa tadi di percakapanmu sehari-hari.

Anda mungkin menyukai postingan ini