-->

6 Top Tips Cara Mengatasi Rasa Malu Dan Tidak PD Saat Berbicara Bahasa Inggris



Hello kamu yang lagi semangat-semangatnya belajar bahasa asing.

Okey, kita lakukan bersama-sama. Jisi mau tanya, "kenapa kamu merasa malu saat berbicara bahasa inggris?" Apa kamu juga seorang yang pemalu ketika berbicara bahasa ibumu atau dalam kehidupan sehari-harimu? Kalau kasusnya seperti ini, that's fine sweety, itu karaktermu dan kamu tetap spesial. Jangan beranggapan kamu akan menjadi orang yang berbeda ketika berbicara bahasa inggris, jadilah dirimu sendiri, okeyy..

Sebelum melangkah lebih jauh, aku akan bilang dulu "Jadilah dirimu sendiri, tunjukan karaktermu di bahasa manapun" karena itu yang paling penting. LOVE YOURSELF first.

Bagaimana Mengatasi Rasa Malu Dan Minder Dalam Percakapan Bahasa Inggris?

1. Menilai Mengapa Kamu malu Berbahasa Inggris

Yep, pertama kamu harus menilai dirimu dulu. Tanyakan pada dirimu 'kenapa aku malu untuk berbicara bahasa inggris?' Ini sama saja seperti kamu lagi belajar biologi dan membuat hipotesis atau kamu menebak apa sebenarnya akar permasalahan yang kamu hadapi lalu kembali dengan solusinya.

Apa ini karena kamu tidak punya banyak vocab atau kosa kata untuk mengekspresikan dirimu? Apa karena itu? kalau begitu artinya kamu bisa fokus dalam menambah dan memahami hafalan vocabmu.

Apa gara-gara kamu belum bisa mengerti apa yang orang lain katakan? Dalam kasus ini artinya kamu harus fokus untuk improve skill listeningmu (kemampuan mendengar) khususnya dalam 'fast english' (fast english itu artinya berbicara cepat, seperti halnya bahasa ibumu, kamu akan cenderung berbicara dengan cepat dalam bahasa Indonesia) karena umumnya orang-orang menggunakan 'fast english' dalam percakapan sehari-hari.

Atau apa karena kamu tidak punya sesuatu yang membantumu atau orang yang bisa diajak sharing dalam percakapan bahasa inggris? sepertinya itu hanya kekhawatiran kita pribadi. Aku juga sering berfikir, "ah kayaknya mereka gak bakal mau dengerin aku, kayaknya mereka gak butuh pendapatku''. saat orang-orang lagi ngobrol dan aku gak nyambung dengan mereka, aku juga kadang-kadang merasa begitu.

Jadi di tips pertama ini adalah, lihatlah kedalam dirimu. Buatlah pertanyaan untuk dirimu sendiri dan coba untuk menjawab dan memecahkan solusinya.

2. Buat Lingkungan Kecil, Bicaralah Dengan Seseorang Yang Kamu Percaya

Di tips yang kedua ini aku merekomendasikan agar kamu mengajak dirimu sendiri berbicara. Kamu tentu percaya pada dirimu kan? Nah oleh karena itu biacaralah dengan dirimu ketika kamu berada dirumah atau dikamar.

Bicaralah dengan dirimu ketika kamu lagi masak, bersikaplah seolah-olah kamu koki profesional dan jelaskan dalam bahasa inggris bahan apa saja yang kamu perlukan. Atau ketika kamu sedang memakai baju, jelaskan pada diri sendiri kamu akan kemana hari ini, kenapa kamu memakai baju ini, apa itu karena kamu menyukai warna atau motifnya.

Jelaskan kegiatanmu seolah-olah ada seseorang didekatmu yang mendengarkan apa yang kamu biacarakan.

Setelah kamu merasa nyaman dengan dirimu yang sering berbicara pada dirimu sendiri, kamu bisa mulai berbicara pada orang lain. Orang itu bisa teman terdekatmu atau bisa juga teman online yang juga sama-sama belajar sepertimu. Intinya ornag itu adalah orang yang bisa membuat kamu merasa nyaman tanpa merasa malu ketika membuat kesalahan dalam bahasa inggris.

Kamu sudah berhasil berada di langkah selanjutnya jika kamu berbicara dengan orang lain. Kamu bisa membicarakan tentang hobi, weekend, atau liburan terakhir kalian.

Kalau kamu tidak punya teman real life yang bisa diajak untuk berbicara, kamu tetap bisa mendapatkan teman online native speaker untuk teman bicaramu. Aku sudah pernah membahas ini di artikelku tentang cara mendapatkan teman online native speaker

3. Siapkan Percakapan 

Kalau kamu sudah bicara dengan dirimu sendiri, kamu juga sudah bicara dengan teman terpercayamu, itu akan menjadi modal bagus untuk dirimu berbicara bahasa inggris di real life.

Persiapkan percakapan sehari-harimu, aku yakin itu akan membantumu untuk berbicara. Kamu pastinya sudah paham dengan situasi yang terjadi  di kehidupanmu sehari-hari, entah itu kegiatan di sekolah atau di kantor tempatmu bekerja kamu bisa menyiapkan percakapannya.

Kamu mengerti situasinya, maka siapkan percakapan dalam bahasa inggris yang sekiranya akan kamu bicarkan dalam kegiatan sehari-harimu.

4. Lihat Video Bahasa Inggris Lalu Tiru

Melihat video-video bahasa inggris banyak sekali manfaatnya untuk learners yang lagi belajar bahasa inggris, utamanya dari segi listening dan speakingnya. Untuk membantumu agar tidak malu berbahasa inggris, kamu bisa nonton video bahasa inggris dan tirulah bagaimana native speaker berbicara, mulai dari intonasi dan juga ekspresinya.

Banyak sekali video berbahasa inggris yang dapat kamu temui baik itu film atau video-video youtuber di youtube.

5. Vlogging Dan Evaluasi

Untuk tips selanjutnya adalah latihan berbicara di depan kamera atau vlogging, isi vlogging ini sama dengan tips yang ke 2. Kamu bisa menceritakan kegiatan-kegiatan sehari-harimu mulai dari pagi kamu bangun tidur sampai tidur lagi, atau kamu juga bisa menceritakan kejadian-kejadian lain yang terjadi seharian ini.

Usahakan buat percakapan yang ekspresif agar kamu bisa menilai tingkat kepercayaan dirimu. Vlogging ini bertujuan untuk mengevaluasi dirimu sendiri, dibagian mana kamu kurang ekspresif dan di kata apa kamu salah pengucapan.

6. Be Kind To Yourself

Ini tips yang terakhir dan sangatlah penting. Semua berawal dari dalam, kamu harus menumbuhkan percaya diri dari dalam dirimu. Katakan pada dirimu kalau kamu pasti bisa mengatasi apapun. Be kind to yourself, berbaik hati lah pada dirimu sendiri. Ketika kamu melakukan kesalahan dalam pengucapan atau kamu masih juga belum bisa percaya diri, katakan pada dirimu "That's okay, aku bisa mencoba lagi setelah ini. Tidak apa-apa, aku sedang belajar, wajar saja kalau salah. Ayo jangan menyerah dan tetap semangat belajar."

Itu tips-tips dari Jisinay.com tentang cara mengatasi rasa malu untuk bicara bahasa inggris, semoga bermanfaat dan bisa kamu terapkan ya.. Tetap semangat belajarnya.
Have a good day.. <3

Anda mungkin menyukai postingan ini