-->

4 Cara Ampuh Agar Bisa Aksen Amerika Atau Aksen British Dalam Berbicara Bahasa Inggris


Hai kamu.. Is American accent better than british? apakah aksen Amerika lebih baik daripada british aksen? jawabannya adalah keduanya sama-sama memiliki keunikan masing-masing. Banyak yang bilang kalau aksen British itu keren seperti Harry potter dan tidak semua orang bisa aksen British karena dinilai lebih ribet tapi keren. Memang, tapi apa iya kamu nggak tergoda dengan seksinya pronounciation abang Tom cruise dalam film-film Amerika?

Perbedaan Antara American English Accent dan British English Accent

Ada baiknya kalau kamu bisa sedikit punya gambaran tentang bedanya aksen Amerika dan aksen British. Jadi sesuai namanya, American berasal dari amerika yang dalam pelafalannya biasa menggunaka huruf 'r' dengan menggulung lidah ke belakang sedangakan British dalam pelafalannya tidak menggunakan huruf 'r' apalagi jika berada di akhir kalimat. 

Which one better? Aku pribadi lebih suka memakai American Accent karena dialeknya lebih cocok aja dengan lidahku. Tapi kamu tetap bisa memilih salah satu, American atau British? Ini dia 4 tips dan cara buat kamu yang juga lagi belajar aksen Amerika atau British, here we go.. 

Bagaimana Cara Agar Terdengar Aksen Amerika Atau British Seperti Native Speaker?

1. Tentukan Pilihan Aksenmu Dari Awal Belajar Bahasa Inggris

Pada dasarnya ada dua aksen dalam bahasa inggris yaitu American dan British, tapi selain itu juga ada Aksen atau logat lain dalam bahasa Inggris seperi Australia, Kanada dan aksen aksen lainnya. Yang perlu kamu tahu adalah kamu harus fokus dan menentukan aksen mana yang akan kamu pelajari.

Mana yang lebih kamu suka dari dua aksen tadi? Ameican atau British? kamu bisa memutuskan aksen mana yang menurutmu lebih mudah untuk kamu tiru dan pelajari, atau kamu juga bisa memilih salah satunya berdasarkan penilaian kamu mengenai mana yang lebih keren menurut pendapatmu pribadi. Jadi kamu bakalan lebih enjoy dalam belajarnya.

Dulu aku pernah belajar aksen British karena kedengarannya lebih keren dan seksi seperti Harmonie dalam film Harry Potter, tapi nyatanya aku lebih bisa menirukan aksen Amerika, jadi akhirnya aku memutuskan untuk fokus di aksen Amerika.

Kamu bisa saja nanti ahli dalam dua aksen tadi, tapi untuk yang baru belajar kayaknya kamu harus memilih salah satu dulu agar belajarmu bisa fokus. Kalau kamu sudah memilih aksen mana yang akan kamu pelajari, lanjut baca dan terapkan tips yang kedua.

2. Tonton Banyak Video Atau Film

Cara yang paling efektif dalam belajar bahasa adalah dengan meniru. Kalau kamu hidup bukan di negara yang bahasa nasionalnya adalah bahasa Inggris, maka  agar bisa menirukan cara bicara orang adalah dengan nonton video atau film.

Mulailah mencari video-video atau film yang memakai aksen sesuai dengan aksen yang sedang kamu pelajari. Semisal kamu lagi belajar American accent, kamu bisa nemuin banyak video atau film yang memakai aksen ini.

Untuk film yang beraksen amerika aku merekomendasikan film The Duff yang bisa kamu tonton di youtube, atau selain itu kamu juga bisa nonton video vlog-vlog dari youtuber Amerika. Kebanyakan film hollywood memakai aksen amerika, jadi jangan khawatir kehabisan bahan tontonan ya.

Untuk Film yang memakai aksen British, kamu bisa nonton atau download film Harry Potter.

3. Gunakan American English atau British English Ekspression

Ini penting banget, ekspression dari kedua aksen tadi memiliki banyak perbedaan, jadi saat memutuskan belajar salah satu aksen tadi, kamu harus menggunakan ekspresi-ekspresi umum yang dipakai oleh native speaker dalam aksen british atau american.

Kamu cari ekspresi mengenai aksen yang sedang kamu pelajari dari youtube atau film-film yang sudah kamu tonton, lalu praktekan saat kamu berbicara bahasa inggris.

4. Practice More Than Anyone. Banyak Latihan!!

Kalau ingin sukses artinya kamu harus banyak latihan.  Latihan dan latihan.  Terus lakukan secara konsisten setiap hari.  Usahakan kamu meluangkan waktu beberapa jam untuk berlatih speakingmu,  entah itu kamu berlatih sendiri dirumah atau bersama temanmu.  

Percuma saja kalau kamu sudah melakukan 3 tips sebelumnya tapi mengabaikan tips yang terakhir ini. Karena kunci keberhasilanmu sebagian besar ditentukan dari seberapa besar dan seberapa konsisten kamu dalam practice setiap harinya. Atur jadwalmu serinci mungkin,  sempatkan untuk tetap practice bagaimanapun keadaannya. Karena bahasa bukan sesuatu yang bisa dipelajari hanya dari segi teori, artinya practice memang wajib kamu lakukan.  

Kamu bisa latihan sambil membaca teks, menirukan percakapan di film atau video yang kamu tonton, atau membuat percakapan real bersama small circle mu yg juga sedang belajar aksen american bahasa inggris. Intinya tetap semangat dan percaya pada dirimu kalau kamu bisa dan tangguh untuk tetap konsisten dengan goalsmu. Selamat belajar yaa..  See you next time. 

Anda mungkin menyukai postingan ini